KUMPULAN OBAT PENYAKIT JANTUNG JAMU serta CARA PENCEGAHANNYA

Kumpulan Artikel Penyakit Sakit Jantung dan Obatnya.
Ref. Mahasiswa Fak. Kedokteran dan KePerawatan.

1. Penyakit Jantung Dan Stroke Serta Pencegahannya
2. Tomat salah satu obat PENYAKIT JANTUNG
3. Kami akan membagi Ramuan Obat Sakit Jantung, yang merupakan ramuan obat tradisional warisan leluhur.
4. Obat Sakit Jantung
5. Jelly Gamat Gold Penyembuh Penyakit Jantung

Dilengkapi juga dengan pengobatannya pencegahan dan pasca sakit serta obat-obatan tradisional. by Rizanet


Penyakit Jantung Dan Stroke Serta Pencegahannya

Penyakit jantung dan stroke merupakan sosok penyakit yang sangat menakutkan. Bahkan sekarang ini di Indonesia penyakit jantung menempati urutan pertama sebagai penyebab kematian.

Penyakit jantung dan stroke sering dianggap sebagai penyakit monopoli orang tua. Dulu memang penyakit-penyakit tersebut diderita oleh orang tua terutama yang berusia 60 tahun ke atas, karena usia juga merupakan salah satu faktor risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Namun sekarang ini ada kecenderungan juga diderita oleh pasien di bawah usia 40 tahun. Hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan gaya hidup, terutama pada orang muda perkotaan modern.

Ketika era globalisasi menyebabkan informasi semakin mudah diperoleh, negara berkembang dapat segera meniru kebiasaan negara barat yang dianggap cermin pola hidup modern. Sejumlah perilaku seperti mengkonsumsi makanan siap saji (fast food) yang mengandung kadar lemak jenuh tinggi, kebiasaan merokok, minuman beralkohol, kerja berlebihan, kurang berolah raga, dan stress, telah menjadi gaya hidup manusia terutama di perkotaan. Padahal kesemua perilaku tersebut dapat merupakan faktor-faktor penyebab penyakit jantung dan stroke.

Faktor-Faktor Risiko Penyakit Jantung & Stroke

Ada berbagai macam penyakit jantung, namun penyakit jantung yang umumnya ditakuti adalah jantung koroner karena menyerang pada usia produktif dan dapat menyebabkan serangan jantung hingga kematian mendadak. Penyebab penyakit jantung koroner adalah adanya penyempitan dan penyumbatan pembuluh arteri koroner.

Penyempitan dan penyumbatan pembuluh arteri koroner disebabkan oleh penumpukan dari zat-zat lemak (kolesterol, trigliserida) yang makin lama makin banyak dan menumpuk di bawah lapisan terdalam (endotelium) dari dinding pembuluh nadi. Hal ini mengurangi atau menghentikan aliran darah ke otot jantung sehingga mengganggu kerja jantung sebagai pemompa darah. Efek dominan dari jantung koroner adalah kehilangan oksigen dan nutrient ke jantung karena aliran darah ke jantung berkurang. Pembentukan plak lemak dalam arteri akan mempengaruhi pembentukan bekuan darah yang akan mendorong terjadinya serangan jantung.

Ada empat faktor utama penyebab penyakit jantung, yaitu :

1. merokok terlalu berlebihan selama bertahun-tahun
2. kadar lemak darah (kolesterol) yang tinggi
3. tekanan darah tinggi
4. penyakit kencing manis

Seperti halnya penyakit jantung, stroke juga erat kaitannya dengan gangguan pembuluh darah. Stroke terjadi karena ada gangguan aliran darah ke bagian otak. Bila ada daerah otak yang kekurangan suplai darah secara tiba-tiba dan penderitanya mengalami gangguan persarafan sesuai daerah otak yang terkena. Bentuknya dapat berupa lumpuh sebelah (hemiplegia), berkurangnya kekuatan sebelah anggota tubuh (hemiparesis), gangguan bicara, gangguan rasa (sensasi) di kulit sebelah wajah, lengan atau tungkai.

Faktor-faktor risiko untuk terjadinya stroke mempunyai kesamaan dengan faktor risiko penyakit jantung, yaitu :

1. Merokok
2. Hipertensi
3. Kadar lemak darah tinggi
4. Diabetes mellitus
5. Gangguan pembuluh darah/jantung
6. Tingginya jumlah sel darah merah
7. Kegemukan (obesitas)
8. Kurang aktifitas fisik/olah raga
9. Minuman alcohol
10. Penyalahgunaan obat (Narkoba)
11. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke dengan Pola Hidup Sehat

Upaya pencegahan untuk menghindari penyakit jantung dan stroke dimulai dengan memperbaiki gaya hidup dan mengendalikan faktor risiko sehingga mengurangi peluang terkena penyakit tersebut.

Untuk pencegahan penyakit jantung & stroke hindari obesitas/kegemukan dan kolesterol tinggi. Mulailah dengan mengkonsumsi lebih banyak sayuran, buah-buahan, padi-padian, makanan berserat lainnya dan ikan. Kurangi daging, makanan kecil (cemilan), dan makanan yang berkalori tinggi dan banyak mengandung lemak jenuh lainnya. Makanan yang banyak mengandung kolesterol tertimbun dalam dinding pembuluh darah dan menyebabkan aterosklerosis yang menjadi pemicu penyakit jantung dan stroke.

Berhenti merokok merupakan target yang harus dicapai, juga hindari asap rokok dari lingkungan. Merokok menyebabkan elastisitas pembuluh darah berkurang, sehingga meningkatkan pengerasan pembuluh darah arteri, dan meningkatkan faktor pembekuan darah yang memicu penyakit jantung dan stroke. Perokok mempunyai peluang terkena stroke dan jantung koroner sekitar dua kali lipat lebih tinggi dibanding dengan bukan perokok.

Kurangi minum alkohol. Makin banyak konsumsi alkohol maka kemungkinan stroke terutama jenis hemoragik makin tinggi. Alkohol dapat menaikan tekanan darah, memperlemah jantung, mengentalkan darah dan menyebabkan kejang arteri.

Lakukan Olahraga/aktivitas fisik. Olahraga dapat membantu mengurangi bobot badan, mengendalikan kadar kolesterol, dan menurunkan tekanan darah yang merupakan faktor risiko lain terkena jantung dan stroke

Kendalikan tekanan darah tinggi dan kadar gula darah. Hipertensi merupakan faktor utama terkena stroke dan juga penyakit jantung koroner. Diabetes juga meningkatkan risiko stroke 1,5-4 kali lipat, terutama apabila gula darahnya tidak terkendali.

Hindari penggunaan obat-obat terlarang seperti heroin, kokain, amfetamin, karena obat-obatan narkoba tersebut dapat meningkatkan risiko stroke 7 kali lipat dibanding dengan yang bukan pengguna narkoba.

Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke dengan Tumbuhan Obat

Beberapa jenis tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk mencegah penyakit jantung dan stroke mempunyai efek melancarkan sirkulasi darah dan sebagai antikoagulan yaitu mencegah penggumpalan darah, karena penyakit jantung dan stroke penyebab utamanya adalah gangguan pada pembuluh darah.

Beberapa jenis tumbuhan Obat dan bahan alami yang dapat digunakan untuk mencegah dan mengatasi Penyakit Jantung dan Stroke antara lain :

DAUN DEWA (Gynura segetum)

Efek farmakologis : sebagai anticoagulant, mencairkan bekuan darah, melancarkan sirkulasi darah dan membersihkan racun.

Bagian yang dipakai adalah daun dan umbinya. Dosis yang dianjurkan yaitu 15-30 gram daun segar dan 6-10 gram umbinya.

Mengkudu (Morinda citrifolia)

Khasiat ; menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol dan kadar gula darah tinggi. Khasiat tersebut dapat mencegah risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Dosis : 2-3 buah yang matang

BAWANG PUTIH (Allium sativum)

Efek : melancarkan sirkulasi darah, antikoagulan (mencegah pembekuan darah), menurunkan kolesterol darah, menurunkan kadar gula darah, menurunkan tekanan darah tinggi dan menambah sistem kekebalan.

BAWANG BOMBAY (Allium cepa)

Berkhasiat mencegah pengumpalan darah, menurunkan kadar lemak darah, menurunkan kadar gula darah dan menurunkan tekanan darah.

Jamur Kuping hitam (Auricularia auricula)

Khasiat/efek : Mencegah stroke dan pendarahan otak, baik untuk jantung dan pembuluh darah.

Rumput laut (Laminaria japonica)

Khasiat : mencegah penyempitan pembuluh darah, menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Terung Ungu (Solanum melongena L.)

Khasiat : mencegah aterosklerosis (penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah), mencegah meningkatnya kolesterol darah, menurunkan ketegangan saraf.

Jantung pisang

Khasiat : Mencegah stroke dan pendarahan otak, baik untuk jantung dan pembuluh darah.

Bunga Mawar (Rosa chinensis)

Khasiat/efek : melancarkan sirkulasi darah, menetralkan racun. Dosis pemakaian: 3-10 g bunga kering

Siantan (Ixora stricta Roxb.)
khasiat: mengecilkan bekuan darah, menurunkan tekanan darah. Dosis pemakaian : 10-15 g bunga

Tomat salah satu obat PENYAKIT JANTUNG


Tomat, merupakan salah satu jenis makanan buah yang selalu menarik dan lezat disajikan baik dalam keadaan mentah atau dimasak. Selain lezat, tentunya Anda sudah tahu kalau tomat juga baik bagi kesehatan. Baru-baru ini, ilmuwan dari Addenbrooke's Hospital, Cambridge, meluncurkan suplemen yang mengandung ekstrak tomat. Dan, suplemen tersebut diklaim oleh dunia kedokteran sebagai obat penyakit jantung.
Pil suplemen yang disebut dengan Ateronon ini, mengandung lycopene. Lycopene ini telah ditemukan bisa mengurangi kerusakan akibat kolesterol jahat LDL hingga 90% hanya dalam waktu 2 bulan."Efek ini cukup untuk melindungi pembuluh arteri, jantung dan otak dari risiko penyakit jantung dan stroke," terang Peter Kirkpatrick, peneliti, seperti dikutip situs dailymail.
Suplemen ini sekarang tersedia dan bisa dibeli online seharga 35 euro untuk 30 tablet. Tentunya tidak harus suplemen. Indonesia kaya akan tomat, dan Anda bisa menambah asupan lycopene dalam diet Anda dengan berbagai cara. Berikut beberapa manfat lain dari tomat dan cara menambah asupan lycopene dalam diet Anda:
Apa itu lycopene?
Lycopene merupakan pigmen merah yang memberi warna pada tomat. Lycopene ini merupakan jenis antioksidan kuat yang berfungsi mencegah kerusakan alami sel-sel tubuh. Sebagai antioksidan, menurut pakar nutrisi dari London Amanda James, lycopene membantu mencegah kerusakan arteri, sel-sel dan DNA. Lycopene ini, menurut james, 100 kali lebih kuat dibandingkan vitamin E. Antioksidan ini melawan peradangan yang memicu penuaan dan penyakit degeneratif seperti arthritis dan penyakit jantung.

Apa manfaat lycopene bagi Anda?
Penelitian klinis telah menemukan, lycopene membantu melawan penyakit jantung, mengurangi risiko mengalami jenis kanker tertentu dan mengurangi peradangan.
Dalam sebuah analisis dari 21 studi ditemukan, laki-laki yang mengikuti diet kaya tomat mengalami penurunan risiko mengalami kanker prostat hingga 11%. Jumlah penurunan bertambah menjadi 19% saat tomatnya dimasak. Berbeda dengan nutrisi lainnya, lycopene akan lebih ampuh dan lebih mudah diserap tubuh jika dipanaskan atau dimasak.

Artinya, produk tomat olahan 4 kali lebih kuat dibandingkan dengan tomat yang masih mentah. Saus atau bubur tomat cenderung lebih padat dengan konsentrasi lycopene yang lebih tinggi. 50 gram saus atau bubur ini setara dengan lycopene dalam 10 tomat. Studi yang lain menemukan, mengonsumsi makanan dari lycopene menurunkan risiko alami kanker pankreas hingga 31%.

Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan di British Journal Of Nutrition, diet yang kaya tomat, satu sendok makan kecap dan 100 mililiter jus tomat per hari, bisa menurunkan kadar kolesterol hingga 5.9%. Dan, kadar kolesterol jahat LDL turun hingga 12.9%.

Bagimana cara mendapatkan asupan tomat yang cukup?
Anda bisa mendapatkan manfaat lycopene dengan mengikuti pola diet tinggi tomat. Diet ini meliputi konsumsi 7-10 takar tomat per minggu. Satu takar setara dengan 3 tomat ukuran sedang. Tomat ini bisa termasuk topping pizza, tomat mentah atau pasta tomat.
Kadar lycopene bergantung pada jenis tomat yang Anda makan serta kepekatan warna tomatnya. Semakin pekat warnanya semakin banyak kandungan lycopene di dalamnya."Kadar pigmen ini juga akan meningkat seiring dengan semakin matangnya buah tersebut, artinya semakin merah dan semakin matang lebih baik," terang Amanda James
Karena lycopene ini larut dalam lemak, pastikan anda menambah dressing berbahan dasar minyak jika mengonsumsinya dalam keadaan mentah. Hal ini akan mempermudah penyerapan.(sumber :klk/yon/photo:vibizlife.com)

Ramuan Tradional

Kami akan membagi Obat Sakit Jantung, yang merupakan ramuan obat tradisional warisan leluhur.
Jantung merupakan pusat peredaran darah, jadi boleh juga dikatakan, bahwa jantung adalah pusat kehidupan manusia. Penyakit jantung , banyak diderita orang zaman sekarang, karena berbagai macam faktor dan sebab. Dengan Resep Obat Tadisional Jantung, kita mencoba mengobati penyakit jantung.
Bagi para penderita penyakit jantung, bila sampai mengalami pembengkakan pada jantungnya, maka rasa nyerinya tiada terkira. Maka kami akan berbagi dengan andaRamuan Obat Sakit Jantung di bawah ini.
Bahan - bahan :

3 lembar daunsirih yang bertemu kedudukan ruasnya. ( teremose. B.Jawa).
3 bungkul sedang bawang merah.
4 buah biji daun kemukus ( 7 jodoh).
1 sendok jintan putih.

Cara meramunya :
daun sirih, bawang merah dan kemukus cuci hingga bersih.
jintan tak usah dicuci.
tumbuklah ke 4 bahan tadi.
bubuhi air kira - kira 4 sendok makan.
saringlah, ramuan siap diminum.

Minumlah air ramuan obat tersebut 2 kali sehari, pagi dan sore. Mudah - mudahan penyakit jantung anda bisa sembuh. Semoga!

Obat Sakit Jantung



1bh kulit pisang
2 ruas jahe dimemarkan dan campur rata
Rebus 1 gelas air, teruskan hingga tinggal 1/2 gelas air rebusan.
Saring, lalu minumkan.

Jantung merupakan organ paling utama kita yaitu yang berfungsi memompa aliran darah keseluruh jaringan tubuh, bisa dikatakan jantung adalah pusat kehidupan, jika orang yang menderita penyakit jantung itu disamakan dengan istilah sebelah kakinya berpijak diatas kuburan, karena sakit jantung beresiko tinggi pada kematian. Bagi penderita jantung bila mengalami pembengkakan pada jantungnya, maka akan mengalami rasa nyeri dan sakit pada jantungnya. Mungkin Anda yang membaca adalah penderita, anda masuk ke tempat yang tepat karena saya akan berikan resep obat tradisional untuk mengatasinya (saya tidak menjamin 100% bisa sembuh tapi kalau dilakukan dengan sungguh dan selalu berdoa kepada Sang Maha Esa Insya Allah Pasti akan diberikan kesembuhan). Berikut bahan-bahan dan cara pembuatannya :

Bahan-bahannya :

1. Ambilah 3 lembar daun sirih yang bertemu kedudukan ruasnya (temorose - bahanya jawanya).
2. 3 bungkul sedang bawang merah.
3. 4 Buah biji buah kemukus (7 jodoh)
4. 1 sendok kecil jintan putih.
Saya asumsikan Anda mengetahui bawang merah dan sirih (masa gk tau ceh...).
Setelah Anda dapatkan semua bahan diatas selanjutnya cara membuatnya sebagai berikut :
Daun sirih, bawang merah dna kemukus dicuci bersih-bersih. sedangkan jintan putih tidak usah dicuci. Lalu tumbuklah keempat bahan ini sampai halus, kemudian bubuilah dengan air 4 sendok makan, terus saring dan minumlah air dari ramuan tersebut dua kali sehari setiap pagi dan sore. Insya Allah penyakit jantung Anda akan lekas sembuh, lakukanlah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal
Penyakit Jantung Koroner adalah penyakit pembunuh nomor satu di Indonesia.

Jantung Koroner adalah jenis penyakit yang banyak menyerang penduduk Indonesia. Kondisi ini terjadi akibat penyempitan/penyumbatan di dinding nadi koroner karena adanya endapan lemak dan kolesterol sehingga mengakibatkan suplaian darah ke jantung menjadi terganggu. Perubahan pola hidup, pola makan, dan stres juga dapat mengakibatkan terjadinya penyakit jantung koroner.

Apa Penyebab Penyakit Jantung Koroner?

Penyebab jantung koroner adalah karena penumpukan zat lemak secara berlebihan di lapisan dinding nadi pembuluh koroner, yang dipengaruhi oleh pola makan yang kurang sehat. Kecanduan rokok, hipertensi, kolesterol tinggi juga dapat menjadi penyebab penyakit jantung koroner.

Kesehatan bagi seseorang merupakan sesuatu yang begitu mewah dan mahal. Memang penting sekali menjaga kesehatan tubuh setiap hari. Dapatkan tips-tips kesehatan gratis yang akan kami kirimkan ke alamat email Anda sekarang. Silakan daftarkan email Anda untuk mendapatkan Free E-Newsletter dari kami.

Gejala jantung koroner diantaranya seperti:

1. Nyeri di dada, lebih spesifiknya nyeri di dada bagian tengah yang menjalar sampai ke lengan kiri atau leher, bahkan sampai ke punggung. Nyeri dada seperti ini adalah nyeri khas dari penyakit jantung koroner. Nyeri ini timbul hanya ketika melakukan aktifitas fisik dan akan berkurang saat beristirahat.

2. Gejala penyerta seperti keringat dingin dan timbulnya rasa mual.

Penyakit Jantung Koroner & Jantung Genetik

Secara medis penyakit jantung dikelompokkan menjadi dua macam: penyakit jantung koroner dan penyakit jantung genetik. Penyakit jantung koroner timbul ketika terjadi penyempitan pembuluh darah pada jantung. Sedangkan faktor genetik (bawaan) ditemukan sejak usia bayi.

Penyakit jantung, stroke, dan penyakit periferal arterial merupakan penyakit yang mematikan. Di seluruh dunia, jumlah penderita penyakit ini terus bertambah. Ketiga kategori penyakit ini tidak lepas dari gaya hidup yang kurang sehat yang banyak dilakukan seiring dengan berubahnya pola hidup.

Faktor-faktor pemicu serangan jantung adalah antara lain:

Merokok.
Mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi.
Kurang gerak.
Malas berolahraga.
Stres.
Kurang istirahat.

Serangan jantung adalah suatu kondisi ketika kerusakan dialami oleh bagian otot jantung (myocardium) akibat mendadak sangat berkurangnya pasokan darah ke bagian tubuh tersebut.

Pengobatan dan Pencegahan Penyakit Jantung Koroner

Berikut resep tradisional racikan dari Prof. H.M. Hembing Wijayakusuma:

1-3 buah mengkudu/pace/noni yang matang di cuci dan dipotong-potong, kemudian diblender dengan air secukupnya dan direbus hingga mendidih. Tambahkan madu secukupnya, lalu diminum.

2-3 buah mengkudu/pace/noni yang matang dicuci bersih dan dipotong-potong + 10 butir angco, dibuang bijinya. Semua bahan diblender dengan air secukupnya, tambahkan 10 gram bubuk umbi daun dewa (thien chi). Aduk rata, lalu diminum.

2 buah mengkudu/pace/noni yang matang, dicuci dan dipotong-potong + 30 gram daun dewa direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Saring, tambahkan madu secukupnya. Aduk rata lalu diminum.

Pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur. Resep tersebut untuk membantu proses penyembuhan. Tetaplah konsultasi ke dokter.

Artikel Kesehatan ini diambil dari Buku Karya Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma (Seri Pengobatan Tradisional, Judul: Penyembuhan dengan Mengkudu)

JAMU / OBAT SAKIT JANTUNG

Jantung merupakan pusat peredaran darah. Jadi boleh juga di-katakan bahwa jantung itu adalah merupakan pusat hidup. Bagi orang yang menderita penyakit jantung dapat disamakan: sebelah kakinya berpijak di atas kuburan. Bagi penderita penyakit jantung bila sampai mengalami pembengkakan pada jantungnya, maka akan mengalami rasa nyeri dan sakit pada jantungnya. Apabila ada orang yang mengalami sedemikian rupa, maka ada resepnya, maka dianjurkan agar mencoba memakai resep di bawah ini:
Bahannya:

1. Ambillah 3 lembar daun sirih yang bertemu kedudukan ruasnya (temorose – bahasa jawanya).
2. Ambillah 3 bungkul sedang bawang merah.
3. Ambillah 4 buah biji buah kemukus (7 jodoh)
4. Ambil pula 1 sendok kecil jintan putih.

Setelah anda mendapatkan ini semua, maka sekarang cara membu-atnya adalah seperti di bawah ini:

Daun sirih, bawang merah dan kemukus dicuci bersih-bersih, sedangkan jintan putih tidak usah dicuci. Lalu tumbuklah ke-empat bahan ini sampai halus, kemudian bubuhilah dengan air 4 sendok makan, setelah anda saring bersih, maka minumlah air dari .ramuan tersebut dua kali sehari/pagi dan sore. Insya Allah penya¬kit jantung tersebut akan jadi sembuh. Lakukan secara rutin.

OBAT PENYAKIT JANTUNG KORONER

Penyakit Jantung Koroner adalah penyempitan/penyumbatan (arteriosclerosis) pembuluh arteri koroner yang disebabkan oleh penumpukan dari zat-zat lemak (kolesterol, trigliserida) yang makin lama makin banyak dan menumpuk di bawah lapisan terdalam (endotelium) dari dinding pembuluh nadi.

Dengan tersumbatnya Arteri Koroner, maka hal ini akan mengurangi atau menghentikan aliran darah mensupply oksigen ke otot2 jantung, sehingga mengganggu kerja jantung sebagai pemompa darah. Dan bila sampai otot2 jantung kekurangan supply darah maka jantung akan menjadi lemah dan tidak dapat menyediakan darah ke seluruh bagian tubuh.

JELLY GAMAT GOLD PENYEMBUH PENYAKIT JANTUNG


Keampuhan teripang mengatasi penyakit jantung lantaran kandungan asam docosahexanat (DHA) pada teripang. Asupan DHA-asam lemak utama pada sperma, otak, dan retina mata-tinggi dapat menurunkan trigliserida darah penyebab penyakit jantung. Itu telah dibuktikan Prof Zaiton Hassan, peneliti dari Departemen Ilmu Pangan, Universitas Putra Malaysia, Malaysia. Bersama M. A Kaswandi, dari Universitas Kebangsaan Malaysia, ia meneliti kandungan asam lemak teripang Stichopus chloronotus. Hasilnya: kandungan DHA teripang relatif tinggi, yaitu 3,69%.Trubus, Edisi: Minggu, 02 Juli 2006 17:12:52).

Riset yang ditempuh Hassan Yaacob merupakan penelitian pertama yang mengungkap khasiat gamat-sebutan teripang di Malaysia. Setelah itu peneliti-peneliti lain berbondong-bondong menyingkap tabir gamat pada 1995. Di Universitas Kebangsaan Malaysia, misalnya, Prof Ridzwan Hashim menemukan bukti sahih, teripang Holothuria atra, H. scabra, dan Bohadshia argus memiliki efek antibakteri. Ketiga anggota famili Holothuriidae itu juga terdapat di perairan Indonesia.

Dalam riset itu Ridzwan menggunakan jasa bakteri Streptococcus faecalis penyebab pembengkakan lapisan dalam jantung, S. viridans perusak katup jantung, S. pneumoniae penyebab radang paru-paru dan sinusitis akut, Staphylococcus aureus penyebab meningitis, dan Proteus mirabilis penginfeksi luka. Total jenderal ada 7 bakteri yang diuji pada riset itu. Para makhluk superliliput itu terbukti terhambat pertumbuhannya setelah diberi ekstrak teripang.

Gamat menjadi khazanah kami untuk pengobatan alami, ujar Prof Zaiton Hassan, peneliti dari Departemen Ilmu Pangan, Universitas Putra Malaysia, Malaysia, ketika diwawancarai Trubus. Lebih dari 10 penelitian dibiayai oleh pemerintah Malaysia untuk mengeksplorasi potensi teripang sebagai penyembuh. Zaiton bersama M. A Kaswandi dari Universitas Kebangsaan Malaysia meneliti kandungan asam lemak teripang Stichopus chloronotus.
Penelitian selama setahun itu mengungkap 11 asam amino pada teripang: miristat, palmitat, palmitoleat, stearat, oleat, linoleat, arakhsidat, eicosapentaenat, behenat, erusat, dan docosahexaenat. Asam lemak itulah yang diduga mempercepat penyembuhan luka luar maupun dalam.
Kandungan asam eicosapentaenat (EPA) dan asam docosahexaenat (DHA) relatif tinggi, masing-masing 25,69% dan 3,69%. Nilai EPA besar menandakan kecepatan teripang memperbaiki jaringan rusak dan menghalangi pembentukan prostaglandin penyebab radang tinggi. Sedangkan DHA, asam lemak utama pada sperma dan otak, serta retina mata. Asupan DHA tinggi dapat menurunkan trigliserida darah penyebab penyakit jantung. Kekurangan DHA menyebabkan penurunan serotin otak pemicu penyakit alzeheimer dan depresi.
Kisahnyata jelly gamat sembuhkan jantung koroner
Saya memiliki penyakit jantung dan liver.

Saat sakit, badan dan muka nampak kehitaman / lebam, batuk berdarah dan sesak nafas. Kemudian datang tetangga saya menawarkan Gold-G. Setelah mengkonsumsi Gold-G selama 1 minggu batuk darah berhenti, kulit dan muka saya mulai memerah serta lebam hilang (muka mulai bersih). Selain itu, nafas juga tidak lagi sesak.
Sekarang saya bisa beraktifitas kembali seperti biasa,manarik becak untuk mencari nafkah
Sumber : Trubus online , Edisi: Minggu, 02 Juli 2006 17:12:52

Teripang/ Gamat Tuntaskan Jantung Koroner

Karena rasa nyeri dan panas di dada tak juga sirna, Mulyanto memanggil salah seorang rekan yang tinggal di dekat rumahnya. Oleh rekannya, Mulyanto dipijat-pijat. Ah ini sih masuk angin, katanya. Usai dipijat, rasa panas di dada tak juga minggat. Derita itu menjalar ke leher. Rasanya seperti tercekik, kenang Mulyanto.

Khawatir memburuk, akhirnya Mulyanto diantar sang istri ke Puskesmas terdekat. Setelah diperiksa, dokter jaga menyarankan Mulyanto untuk diperiksa dengan ekokardiogram (EKG) di Rumahsakit Hasan Sadikin, Bandung. Meski menjelang pagi, ayah 2 anak itu tak hirau. Ia langsung diboyong ke rumahsakit oleh sang istri tercinta.

Setibanya di ruang gawat darurat, Mulyanto langsung mendapat perawatan dokter. Dalam hitungan menit, ekokardiogram sudah terpasang di sekujur tubuh. Mulyanto juga diperiksa darah dan urine. Setelah rangkaian tes usai, hasil diagnosis dokter spesialis jantung menyimpulkan bahwa Mulyanto terkena serangan jantung koroner.

Menurut dokter, serangan jantung yang diderita Mulyanto disebabkan penyumbatan pembuluh darah jantung. Selain itu, tekanan darah tinggi yang mencapai 140/110 mmHg turut memicu serangan. Sebelumnya saya mengidap tekanan darah rendah, katanya. Kadar trigliserida 200 mg/dl, kian memperparah kondisi Mulyanto. Kondisi normal, 150 mg/dl. Akibatnya, ia harus menginap di rumahsakit selama 7 hari.

Petaka itu terjadi pada medio 2005 silam. Itu adalah kali pertama bagi Mulyanto. Saya heran, kok bisa terkena jantung koroner, kata pria 41 tahun itu. Padahal, ia sangat gemar berolahraga. Bahkan, 16 tahun silam, ia tercatat sebagai atlet bolabasket di kampusnya. Dua tahun lalu, saya berhenti berolahraga karena sibuk bekerja, katanya. Dokter menduga, rutinitas berolahraga yang tiba-tiba berhenti, turut memicu serangan jantung koroner.
Karena kondisi Mulyanto mulai membaik, ia pun diizinkan pulang. Oleh dokter, ia diberi obat penurun tekanan darah dan aneka vitamin. Obat-obatan berupa kapsul itu dikonsumsi 3 kali sehari.

Meski panas dan nyeri di dada mulai menghilang, gejala serangan jantung koroner belum juga sirna. Jika berbicara terlalu banyak, napas saya tersengal-sengal, katanya. Sebulan kemudian, saat obat dokter habis, Mulyanto ditawari suplemen yang mengandung omega 3 dari salah seorang rekan. Pada waktu bersamaan, sang istri pun menawarkan jeli teripang. Namun, ketika itu bukan untuk mengobati Mulyanto, tetapi untuk mengobati ambeien dan maag akut yang diderita istri.

Setelah melihat kondisi ambeien dan maag akut sang istri mulai membaik, Mulyanto pun tertarik untuk mencobanya. Karena berhasrat sembuh, Mulyanto menyantap kedua suplemen itu bersamaan. Sebulan kemudian, omega 3 yang diberikan rekannya itu tandas. Saat akan membeli ulang, suplemen itu menghilang di pasaran. Akhirnya, Mulyanto pun hanya mengkonsumsi jeli teripang. Jeli gamat-sebutan teripang di Malaysia-itu rutin dikonsumsi 2 kali sehari masing-masing 1 sendok makan.

Dua bulan mengkonsumsi jeli teripang, kondisi tubuh Mulyanto mulai membaik. Napas yang tadinya tersengal-sengal kini terasa plong. Saya pun mulai aktif kembali berolahraga, katanya. Setiap pagi, ia rutin berjalan kaki hingga ratusan meter. Yang penting keluar keringat, katanya. Tekanan darah pun kembali normal, 110/90 mmHg.

Karena kondisi tubuh kembali pulih, Mulyanto pun mengurangi takaran konsumsi jeli teripang. Setiap hari, ia hanya mengkonsumsi 1 sendok makan. Itu untuk berjaga-jaga, kata pegawai keuangan di sebuah perusahaan swasta itu.

Rokok

Menurut Prof Dr dr Budhi Setianto, SpJP(K), dari Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, penyakit jantung koroner berhubungan dengan pembuluh darah koroner yang mengalirkan darah ke otot-otot jantung. Orang berusia 10-20 tahun, mulai timbul guratan-guratan lemak pada pembuluh. Semakin tua, tumpukan lemak bertambah, kata guru besar Kardiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu. Apalagi jika pada rentang usia itu disertai tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, dan merokok. Dampaknya, lapisan dalam pembuluh darah rusak. Saya memang suka merokok, kata Mulyanto.

Gejala yang dialami Mulyanto seperti nyeri dada dan sesak napas karena kerja jantung memompa darah ke otak terganggu. Akibatnya detak jantung terlalu lemah atau terlalu cepat. Jika terlalu lemah, jantung gagal memompa darah ke otak sehingga otak kekurangan oksigen dan akhirnya pusing. Pada bagian tubuh lain, kekurangan oksigen dalam darah menyebabkan bagian tubuh itu sakit.

Detak jantung terlalu cepat lantaran sistem pada pusat denyut terganggu sehingga tidak efektif memompa. Pusat denyut jantung diibaratkan generator yang memiliki sistem listrik sendiri. Gangguan sistem listrik menyebabkan detak jantung menjadi cepat. Beberapa hal penyebab gangguan itu adalah pembuluh darah yang kacau, ketuaan, atau pelebaran jantung akibat katup menyempit oleh infeksi bakteri Streptococcus. Penyakitnya biasa dinamakan penyakit jantung rematik.

Kaya DHA

Keampuhan teripang mengatasi penyakit jantung diduga lantaran kandungan asam docosahexanat (DHA) pada teripang. Asupan DHA-asam lemak utama pada sperma, otak, dan retina mata-tinggi dapat menurunkan trigliserida darah penyebab penyakit jantung. Itu telah dibuktikan Prof Zaiton Hassan, peneliti dari Departemen Ilmu Pangan, Universitas Putra Malaysia, Malaysia. Bersama M. A Kaswandi, dari Universitas Kebangsaan Malaysia, ia meneliti kandungan asam lemak teripang Stichopus chloronotus. Hasilnya: kandungan DHA teripang relatif tinggi, yaitu 3,69%.

Yang juga meneliti teripang adalah Prof Ridzwan Hashim, periset dari Universitas Kebangsaan Malaysia. Pada 1995, ia meneliti keampuhan teripang Holothuria atra, H. scabra, dan Bohadshia argus, mematikan bakteri Streptococcus faecalis, penyebab pembengkakan lapisan dalam jantung, dan S. Viridans, perusak katup jantung. Ketiga anggota famili Holothuriidae itu juga terdapat di Indonesia. (Baca: Khasiat di Balik Resep Datuk, hal 22-23)

Setahun sudah petaka yang dialami Mulyanto itu berlalu. Badan saya kembali fit, katanya. Mulyanto mengakui hingga saat ini belum memeriksakan kembali kondisi jantungnya ke rumahsakit. Toh selama ini gejala serangan jantung koroner tak lagi kambuh, kata pria kelahiran Maret 1965 itu. (Dr/Peliput: Viraratu) Kembali keatas...

Comments :

0 comments to “KUMPULAN OBAT PENYAKIT JANTUNG JAMU serta CARA PENCEGAHANNYA”

Posting Komentar

Sarankan dengan bijak dan sopan maka kami akan menghargai anda.

-^- Kembali keatas -^-

 

KOMPAS.com

Foto Saya
RIZANET
Indonesia
Untuk Koleksi Pribadi agar mudah mencari artikel saya
Lihat profil lengkapku

ANTARA - Berita Terkini

PAPA...PERSIAPKANLAH MASA DEPAN ANAK KITA KARENA DIA AKAN HIDUP DIMASANYA BUKAN LAGI DIWAKTU KITA... ANAK ADALAH TITIPAN TUHAN JADI BUKAN KOMODITI DIHARI TUA KITA... BERILAH SELALU KASIH SAYANG KEPADA ANAK KITA KARENA ESOK DIA AKAN PENUH CINTA KEPADA SESAMANYA...MAMA RATU ERLINA DAN ELVIRA