OBAT SAKIT GIGI 30 RESEP DAN PIJAT GIGI 7 RESEP

30 RESEP MENGURANGI SAKIT GIGI DAN 7 RESEP PEMIJATAN GIGI
Hari ini kebetulan saya sakit gigi. Gigi belakang atas geraham goyang dan ngilu menimbulkan sakit yang teramat sangat... kepala pening sebelah, mata tegang memerah, leher kaku/panas dan senut-senut berlanjut kebagian pelipis atas. Lalu saya ingat ada beberapa tips dari orangtua dijaman baheula. Saya ambil bawang putih seiris saja lalu dikunyah dibagian gigi yang sakit...memang terasa panas dan pedas tapi beberapa saat kemudian rasa sakitnya berkurang dan bahkan menghilang. Hatur nuhun pisan.

Oleh karena itu saya memutuskan hari ini menulis sedikit tip dan trik mengurangi rasa sakit gigi.

Tips jitu tersebut memang sangat sederhana, namun jangan pernah meremehkan khasiatnya ya. Dalam beberapa langkah sederhana saja, obat-obatan alami tersebut mengusir rasa sakit tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya.


Jika terjadi sakit gigi, sebelum pergi ke dokter gigi, ada baiknya Anda bisa menggunakan salah satu atau beberapa cara di bawah ini untuk menghentikan sakitnya. Mudah-mudahan bisa membantu Anda sebelum ke dokter gigi.

1. Berkumur air garam
Mengulum air garam, dan mengumurnya sekuat tenaga. Gunakan cara berkumur membersihkan sisa makanan yang masuk ke celah gigi, masukkan satu sendok teh garam ke dalam air hangat kurang lebih 230 ml, setelah melarut gunakanlah untuk mengumur. Jangan ditelan. Jika tidak efektif, bisa menggunakan benang gigi untuk membuangnya. Namun, jangan sampai merusak gusi.

2. Membius/minum alkohol, menghentikan rasa sakit

Selama 3 menit kumur secukupnya minuman beralkohol kadar tinggi, akan membius gigi dan gusi dapat meredakan sakit sementara ulangi seperlunya sampai tidak nyeri.

3. Mengemam lidah buaya
Seiris kecil lidah buaya, buang kulitnya, isi yang bercairan kental dikemam pada tempat yang sakit, 2-4 jam kemudian dapat menghentikan rasa sakit.

4. bekicot atau keong
Ambil seekor bekicot lalu keprak bagian punggungnya sehingga keluar lendir kental berwarna keputihan. ambil kapas lalu oleskan lendirnya kebagian gigi yang sakit, ditekan lebih kurang 5 menit. setelah terasa aliran dingin kegigi maka niscaya gigi yang sakit membandel berangsur-angsur akan sembuh sakitnya.

5. Mengurut/memijat tangan dengan es batu
Ambil sepotong es batu, gosokkan di sekitar huruf V yang terdapat di antara ibu jari dan jari telunjuk. Dan secara perlahan apitkan potongan es pada bagian tersebut selama 5-7 menit. Pemijatan nyaman oleh si es balok menyentuh sel-sel syaraf yang terdapat di sekitar ibu jari dan telunjuk. Pemijatan yang dilakukan si es balok langsung ke pusat syaraf, sehingga 40 – 70% rasa sakit yang Anda rasakan cepat menghilang.
 

6. Minum obat antibiotik dan Asam Mefenamat (obat dokter gigi)
Minum Asam Mefenamat (500mg) dan Amoxilin (500mg), setiap 4-8 jam minum satu tablet. Obat ini dapat mengurangi rasa sakit gigi yang bandel setelah diminum 30 menit sebelumnya. maximal 3 hari pemakaian. atau sesuai resep dokter gigi anda.


7. Siapkan kunyit satu rimpang dan minyak kayu putih secukupnya.
 

Setelah kunyit dicuci bersih, lalu kupas. Rendam sebentar dalam minyak kayu putih, kemudian tempelkan dalam gigi yang berlubang. Lakukan hingga sakit mereda.

8.Siapkan kunyit 10 gram, daun dan akar serai masing-masing 50 dan 25 gr, garam dapur secukupnya. Setelah semua bahan dicuci bersih dan kunyit dipotong-potong, rebus dengan setengah liter air. Biarkan hingga air menjadi satu gelas. Minum untuk tiga kali sehari dapat untuk merawat gigi sehat.

9. Siapkan kunyit 10 gram, daun meniran 50 gram, buah pinang setengah biji, garam dapur secukupnya. Setelah semua bahan kecuali garam dicuci, tumbuk hingga halus. Jangan lupa garam. Seduh dengan air panas sebanyak satu gelas, lalu saring. Bila sudah hangat, gunakan untuk kumur. Lakukan tiga kali sehari.

10. Siapkan minyak kelapa sebanyak satu sendok teh. Rendam sejumput kapas dalam minyak tersebut, lalu panaskan di atas api selama kurang lebih 2-3 menit. Setelah agak hangat, tempel dengan kapas pada bagian gigi yang berlubang akan mengurangi sakit gigi.
atau
Cara mendapatkan minyaknya adalah dengan membakar sedikit tempurung kelapa kemudian diletakkan di dalam mangkok. Setelah beberapa saat akan mengendap cairan kuning yang dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi.

11. Biji cengkih

Gunakan 10 Butir cengkeh disangrai lalu ditumbuk hingga menjadi bubuk, kemudian bubuk cengkeh, sedikit garam dan minyak goreng  dimasukkan ke dalam gigi yang berlubang lalu ditutup dengan kapas. bisa ditambah dengan  Bawang putih secukupnya ditumbuk hingga halus kemudian ditempelkan pada gigi yang berlubang.

 
12. Getah pohon kamboja

Siapkan getah pohon kamboja secukupnya, bisa diambil dari tangkai daun. Teteskan pada gigi yang berlubang atau gusi yang bengkak. Lakukan hati-hati, jangan sampai terkena gigi yang sehat. Harap hati-hati, karena getah kamboja bisa merusak gigi yang sehat.

13. Biji asam

Siapkan setengah ons biji asam. Kemudian disangrai (goreng tanpa minyak) sampai hangus. Setelah hangus, tumbuk halus menjadi bubuk. Gosokkan bubuk tersebut pada bagian gigi yang hitam atau kuning. Lakukan hingga terjadi perubahan sesuai keinginan Anda.

14.Getah jarak pager dapat dipakai untuk mengobati sakit gigi. Tetapi harus hati-hati memakai obat ini karena gigi sehat yang terkena getah jarak dapat rontok.

Jarak pagar (Jatropha curcas Linn)
Semak tinggi yang sering digunakan sebagai pagar. Juga disebut jarak iri atau jarak china dan di daerah Melayu juga disebut jarak wolanda. Bijinya mengandung minyak dan agak beracun. Berwarna hitam buram dan setelah dikeringkan retak-retak. sehingga mudah dibedakan dari jarak sesungguhnya yang berbercak-bercak tetapi tetap licin. Makan biji menyebabkan muntah-muntah, mencret dan pusing. Kadang-kadang biji ini dengan tujuan jahat diberikan dengan sengaja untuk menimbulkan diare kronis yang dapat menyebabkan kematian. Untuk mengatasi hal ini, orang biasa memberikan minum minuman keras. Minyak biji ini jika dipakai sebagai obat dalam, juga beracun. Jika batangnya diiris, akan keluar cairan jernih. Cairan ini merupakan pencahar yang hebat dan dapat digunakan untuk berkumur pada penyakit gusi berdarah.

15. Getah widuri dapat juga dipakai untuk mengobati agar gigi yang sakit menjadi rapuh


Widuri (Caotropisgigantea Ait)
Semak yang terdapat di atas tanah yang tidak subur dan tidak terlalu basah. Daun hijau kebiruan, di tangkai daun berambut seperti wot dan bunga berwarna lila. Getah putih encer dan pahit. Getah ini dapat digunakan untuk merontokkan gigi yang sudah rompal. Harus hati-hati, sebab gigi yang sehat, jika terkena getah ini akan menjadi rompal dan tanggal.


16. Kadang-kadang sakit gigi dapat sembuh jika kita meletakkan bawang putih di dalam kuping.


17. Mengunyah kepala bunga legetan merupakan obat yang baik untuk sakit gigi.


18.Dapat juga dipakai minyak dari kulit batang kemuning yang dibakar diolesi diatas kapas ditempel pada gigi yang sakit.

19. Untuk mengobati sakit gigi dan radang gusi digunakan daun ketumbel.


Ketumbel (Glochidion littorale Blume)
Dikenal juga sebagai dempul atau ketumbang. Semak rendah dengan daun membundar telur sampai agak bundar. Di Semenanjung Malaya, rebusan daun yang dicampur dengan akar Guioa dipakai untuk menyembuhan sakit perut. Di Jawa, daun digunakan untuk mengobati disentri, radang amandel dan setelah melahirkan. Di Kalimantan, digunakan untuk mandi setelah melahirkan.

20.Sakit gigi yang hebat dapat diobati dengan memasukkan asap dari biji terong ngor kering yang dibakar, ke dalam gigi tersebut.

Terong ngor (Gyphomandra betacea Sendtn)
Tanaman impor yang tumbuh di daerah pegunungan dan menghasilkan buah yang enak. Buah yang umum dikenal sebagai terong belanda ini dapat dibuat selai. Buah ini membersihkan darah, tetapi tidak baik buat penderita gangguan perut. Penderita gangguan tenggorokan tidak tahan akan sari terong ini.


21. Gunakan cabai hijau dipotong ujungnya sedikit lalu dibakar. Setelah panas, tempelkan cabai tersebut pada gigi yang sakit. niscaya gigi yang sakit berkurang rasanya.

22. Gunakan daun kembang sore direbus dengan air 600 cc hingga tersisa 300 cc, lalu selagi hangat digunakan berkumur-kumur.

23. Buah belimbing wuluh, 5 buah belimbing wuluh dicuci bersih, makan dengan sedikit garam, kunyah ditempat gigi yang berlubang.

24. Bawang putih

di potong halus (1 siung bawang putih), kemudian taburkan sedikit garam. Kunyah di daerah yang sakit dan tak lama kemudian rasa sakit di gigi Anda akan menghilang perlahan. Anda juga boleh menggunakannya sebagai terapi untuk memperkuat struktur tulang gigi Anda.
Kandungan enzim dalam bawang putih sangat baik untuk digunakan sebagai obat sakit gigi karena dapat membunuh kuman-kuman penyebab sakit gigi.
Dan Anda juga bisa meredakan gigi yang sedang sakit dengan cara menempatkan sepotong kecil bawang putih  di area gigi atau gusi yang sakit.

25. Bawang merah

Caranya sama dengan Bawang Putih. Kandungan enzim dalam bawang merah dapat membantu membunuh kuman-kuman jahat di dalam mulut.
Kandungan enzim dalam bawang merah sangat baik untuk digunakan sebagai obat sakit gigi karena dapat membunuh kuman-kuman penyebab sakit gigi.
Dan Anda juga bisa meredakan gigi yang sedang sakit dengan cara menempatkan sepotong kecil bawang merah di area gigi atau gusi yang sakit.

26. Jeruk nipis
, Peras sari jeruk nipis, pulaskan pada bagian gigi yang sakit sesendok demi sesendok setiap 10 menit sampai sari jeruk tersebut habis. Selain kaya akan vitamin C, sari jeruk tersebut juga berfungsi sebagai pereda sakit gigi Anda.

27. Keringkan/sangrai 1 biji avokad, lalu haluskan sampai menjadi bubuk.
Pemakaian : Masukkan bubuk biji avokad ke gigi yang berlubang, lalu tutup dengan kapas.

28. Cuci bersih 15 gram serai dan 5 lembar daun sirih, rebus dengan 400 mL air hingga tersisa 200 mL, lalu saring.
Pemakaian : Gunakan hangat-hangat untuk berkumur di tempat gigi yang sakit, lalu minum. Lakukan 3 kali sehari secara teratur.

29. Sakit gigi, obati dengan kangkung.

Kangkung memiliki sifat kimia sebagai antiracun, peluruh perdarahan, diuretik (pelancar kencing), antiradang, dan sedatif (penenang/obat tidur). Jadi selain enak ditumis, sayuran ini juga bisa dijadikan obat. Mimisan, haid terlalu banyak, sakit gigi, dan kencing tidak lancar adalah penyakit yang bisa diobati dengan kangkung.

Ambil dua ikat kangkung dan cuci bersih. Tumbuk halus atau diblender, saring, ambil airnya lalu campur dengan satu sendok makan madu. Minum sekaligus sehari sekali. Ini bisa mengobati mimisan dan mengurangi haid yang terlalu banyak.

Sakit gigi juga bisa disembuhkan dengan tanaman ini. Caranya, segenggam akar kangkung direbus dengan satu air gelas dan setengah sendok teh cuka. Setelah mendidih, dinginkan dan gunakan airnya untuk berkumur. Untuk melancarkan air seni, segenggam akar kangkung direbus dengan satu gelas air dan tunggu hingga mendidih. Setelah dingin, minum air rebusan sekaligus.

30.Tepung lada


Campuran sedikit tepung lada dengan 1/4 sendok teh garam dinyatakan sangat bagus untuk menjaga kebersihan gigi. Jika digunakan secara teratur setiap hari bisa mencegah gigi berlubang, nafas bau, gusi berdarah, sakit gusi, dan sakit gigi. Selain itu juga bisa mengatasi masalah gigi sensitif. Untuk meredakan sakit gigi, Anda bisa menempatkan campuran tepung lada dan minyak cengkeh ke dalam lubang gigi. (OL-08)

Cara Pemijatan Gigi yang Sakit:


segment massage untuk memotong jalur penyebab sakit (mengurangi atau menghilangkan rasa sakit).

1. Segment massage biasanya diberikan pada dahi pertigaan mata, daerah pembuluh darah tempat daerah gigi yang sakit, sepanjang rahang bawah di tengah-tengah dagu (osmandipularis).

2. Selain itu pijat juga diberikan di pelipis sebelah gigi yang sakit, di tengah-tengah rahang atas dan pipi tempat gigi yang sakit. Tak lupa pijatan di tengah-tengah pergelangan tangan bagian belakang, yaitu pada tengan yang lurus dengan gigi yang sakit.

3. Pijat pada bagian tubuh tadi diberikan pada saat posisi terlentang. Sedangkan pada posisi tubuh telungkupm pijat dilakukan pada ujung jari telunjuk tangan dan cekungan pangkal telunjuk pada tangan yang lurus dengan gigi yang sakit.

4. Selain itu pijat juga dilakukan pada cekungan pertemuan ibu jari dan telunjuk tangan, pada tangan yang lurus dengan gigi yang sakit; di bahu atas sebelah gigi yang sakit; di bawah belakang telinga sebelah gigi yang sakit.

5. Tak lupa pijatan di ruas leher pangkal kepala, pangkal leher dan bahu di sebelah gigi yang sakit.

6. Pijatan ditujukan untuk mengurangi sakit gigi atau menghilangkan, agar gangguan yang merangsang gigi menjadi hilang.

7. Anda mungkin belum tahu jika syaraf gigi terhubung langsung dengan ibu jari dan telunjuk. Melakukan pijatan ringan dengan es batu pada bagian ibu jari dan telunjuk akan dapat meringankan sakit gigi dan menjadi obat sakit gigi yang mujarab.

Massage es balok
Es balok siap membantu meringankan sakit gigi Anda. Ah yang benar? bagaimana bisa hilang jika dinginnya saja membuat Anda ngilu? Ikuti triknya di sini, ambil sepotong kecil es balik dan letakkan di antara jari telunjuk dan ibu jari. Pijat perlahan di bagian tersebut, nah kini bisa Anda rasakan perlahan rasa sakit itu mulai hilangkan?

Pemijatan nyaman oleh si es balok menyentuh sel-sel syaraf yang terdapat di sekitar ibu jari dan telunjuk. Pemijatan yang dilakukan si es balok langsung ke pusat syaraf, sehingga 60 - 90% rasa sakit yang Anda rasakan cepat menghilang. Lebih aman daripada pereda sakit kan?

Semoga Anda Cepat sembuh....Amin
Riza

Comments :

1
Anonim mengatakan...
on 

Thansk untuk tip pengobatan sakit giginya...saya sering sakit gigi mudah2an sekarang dapat dikurangi sakitnya dengan tip itu..Parno

Posting Komentar

Sarankan dengan bijak dan sopan maka kami akan menghargai anda.

-^- Kembali keatas -^-

 

KOMPAS.com

Foto Saya
RIZANET
Indonesia
Untuk Koleksi Pribadi agar mudah mencari artikel saya
Lihat profil lengkapku

ANTARA - Berita Terkini

PAPA...PERSIAPKANLAH MASA DEPAN ANAK KITA KARENA DIA AKAN HIDUP DIMASANYA BUKAN LAGI DIWAKTU KITA... ANAK ADALAH TITIPAN TUHAN JADI BUKAN KOMODITI DIHARI TUA KITA... BERILAH SELALU KASIH SAYANG KEPADA ANAK KITA KARENA ESOK DIA AKAN PENUH CINTA KEPADA SESAMANYA...MAMA RATU ERLINA DAN ELVIRA